Mengapa ESG Funds Menjadi Tren Investasi Kekinian?

media-image

ESG adalah akronim dari Environmental, Social and Good Governance. Investasi yang berbasis ESG berarti berisi emiten-emiten yang dalam proses usahanya memperhatikan faktor kelingkungan, sosial dan juga tata kelola yang baik. Investasi jenis ini sedang banyak diminati.

Pada 2018, total dana kelolaan global untuk investasi ESG telah mencapai USD 31 triliun dengan rata-rata kenaikan tahunan (CAGR) sebesar 15% dibanding dengan tahun 2012. Angka ini merupakan hasil dari pertumbuhan sebesar 138% dari 2012. Diprediksikan bahwa tahun 2020 ini total dana kelolaan akan mencapai 41 triliun secara global. 

Secara proporsi global, benua Eropa memiliki investasi ESG terbesar yaitu sekitar 46% pada tahun 2018. 63% investasi di Australia di tahun 2018 juga berbasis ESG. Di Jepang, tren ESG juga meningkat drastis, dari 3% menjadi 18% dalam dua tahun dari tahun 2016 hingga 2018.

Investasi ESG diminati dengan logika sederhana, investasi yang berbasis ESG terbukti memberikan keberlangsungan investasi yang lebih baik dan kuat. Perusahaan dengan skor ESG yang tinggi berarti memiliki manajemen risiko yang lebih baik. Perusahaan seperti ini tentu memiliki cost of capital yang rendah dan berarti valuasi yang tinggi. Dengan fundamental yang sehat, valuasi yang tinggi juga pasti akan membukukan investasi yang lebih tinggi lagi.

Di Indonesia sendiri, tren ESG juga meningkat drastis. Di bulan Januari 2020, dana kelolaan ESG telah mencapai 1.8 triliun Rupiah, atau melonjak drastis dari 132 miliar Rupiah pada tahun 2017. Jumlah ini juga seiring dengan jumlah reksa dana ESG yang meningkat drastis. Jika pada tahun 2017 dulu ESG hanya ada 1 saja, tahun 2020 ini sudah ada 13 reksa dana.

Mayoritas investasi ESG di Indonesia berporos pada indeks SRI-Kehati, baik untuk ETF maupun non-ETF. Hal ini yang mendasari Syailendra memilih indeks MSCI Indonesia ESG Universal yang belum pernah ada. Dibandingkan dengan SRI-Kehati, MSCI Indonesia ESG Universal memiliki jumlah emiten yang lebih banyak sehingga lebih terdiversifikasi.

Syailendra pun tak ketinggalan, di bulan April ini kami meluncurkan reksa dana indeks Syailendra ETF MSCI Indonesia ESG Universal Index yang berisi emiten-emiten dengan skor ESG yang lengkap dari semua kelas dan terdiferensiasi. Indeks dari MSCI Indonesia ESG Universal ini berisi pembobotan yang lebih bervariasi, dari mulai AAA sampai CCC sehingga dapat menghasilkan return yang menarik dari sisi momentum.

Baca juga: 

Berkenalan dengan Reksa Dana Indeks Syailendra ETF MSCI Indonesia ESG Universal Index