Bagaimana Cara Membeli Reksa Dana Secara Online?

Jika kamu sudah mantap ingin berinvestasi di reksa dana, kamu punya banyak sekali pilihan untuk membelinya secara online.

Reksa dana tak hanya dapat dibeli melalui bank partner, namun juga bisa membeli dari berbagai sekuritas dan marketplace yang juga menyediakan transaksi digital, seperti general marketplace (Tokopedia dan Bukalapak), marketplace Reksa Dana (Bareksa, Invisee & Kelola), Sekuritas (Indo Premier sekuritas, Mandiri sekuritas, BNI sekuritas, Danareksa sekuritas, Mandiri sekuritas & Trimegah sekuritas)

Kamu dapat mulai membeli reksa dana dengan mendaftarkan diri ke platform yang telah disebutkan di atas. Secara umum, kamu hanya perlu mengisi biodata dan mengunggah foto KTP-mu sehingga dapat dilakukan kapan saja. Proses pendaftaran reksa dana rata-rata berlangsung 10 menit dengan rata-rata waktu verifikasi sekitar 1 x 24 jam. Setelah verifikasi selesai, biasanya akan ada pemberitahuan via email dan kamu sudah bisa bertransaksi.

cara investasi reksa dana

Untuk mulai bertransaksi pun mudah. Kamu cukup membuka platform digital di mana identitasmu terdaftar dan pilih reksa dana yang kamu inginkan. Biasanya akan tersedia fitur sortir reksa dana, di mana kamu bisa melihat reksa dana berdasarkan jenis, performa dan nama Manajemen Investasinya. Selain persentase return, hal lain yang tak kalah penting untuk dipantau adalah stabilitas performa dari reksa dana itu, apalagi jika kamu berniat untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Info-info seperti ini bisa kamu dapatkan di Fund Fact Sheet dan Prospektus.

Ketika kamu sudah menjatuhkan pilihan, kamu tinggal tekan tombol beli dan membayar sesuai dengan ketentuan. Cara membayarnya pun mudah, biasanya kamu hanya perlu mentransfer ke bank yang telah ditulis. Tak perlu takut karena nama rekening yang terdaftar harus sama dengan nama rekening reksa dana yang terdaftar. Di tahap ini, kamu juga perlu memperhatikan apakah ada kode unik yang harus dicantumkan pada keterangan transfer dan jangan lupa konfirmasi pembayaran di platform yang bersangkutan.

Mudah, ‘kan? Caranya hampir sama persis dengan proses belanja di e-commerce langganan, kok. Jadi, kapan kamu mulai berinvestasi di reksa dana?